Jumat, 24 Juli 2009

Usia sekolah


Suatu ketika keponakanku bercerita kepadaku bahwa tahun ajaran ini dia sudah masuk SD. Aku heran dan terkejut sekali karena seingatku umurnya belum genap 6 tahun. Ternyata memang, bulan Desember nanti umurnya baru 6 tahun.

Aku heran kenapa dia bisa masuk SD, karena setahuku untuk masuk SD ada batasan usia minimal yaitu 7 tahun. Berdasarkan ceritanya juga aku tahu bahwa untuk bisa masuk SD, dia tidak perlu menjalani tes masuk. Lantas, apa alasan yang dipakai oleh pihak sekolah menerima keponakanku ? Dilihat dari segi usia, dia masih kurang banyak. Dilihat dari kemampuan pun, pihak sekolah tak melakukan tes kepadanya.



Aku pribadi sebenarnya sangat berkeberatan kalau keponakanku itu dimasukkan ke SD pada usianya yang belum genap 6 tahun. Memang aku tahu bahwa keponakanku itu sudah pandai membaca dan menulis, tapi bagiku itu belum cukup. Keponakanku ini masih cengeng, gampang sekali menangis. Menurutku, kemampuan akademis harus ditunjang dengan kematangan emosi. Padahal, untuk masuk sekolah itu keponakanku juga tidak di tes sama sekali,

Aku pribadi sebenarnya kurang setuju kalau untuk masuk SD seorang anak sudah harus di tes. Sebegitu pentingkah 'seleksi masuk' lewat tes (tertulis dan wawancara!) bagi seorang calon siswa SD ? Apalagi yang aku tahu, beberapa tes yang dilakukan oleh sekolah-sekolah untuk menyeleksi murid-muridnya tidak menguji secara menyeluruh apakah anak itu sudah matang atau tidak.


Aku dulu memasukkan Shasa ke Playgroup pada usia 4 tahun. Setelah setahun di playgroup, kepala sekolahnya berkeinginan memasukkan Shasa langsung ke kelas B (nol besar). Namun aku menolak ide itu, dan aku tetap berkeinginan Shasa mengikuti jenjang pendidikan sebagaimana adanya. Selain itu aku tak ingin Shasa lulus Tk dan masuk SD pada usia 6 tahun. Aku tak ingin 'mengkarbit' anakku sendiri. Akhirnya kepala sekolah setuju dan memasukkan Shasa ke kelas A (nol kecil).

Shasa masuk ke SD pada usia 7 tahun kurang 2 bulan. Menurutku saat itu, Shasa sudah memiliki bekal kemampuan akademis dan kematangan emosi yang cukup. Hal itu kurasa sangat perlu, apalagi mengingat bahwa pelajaran anak-anak SD saat ini tergolong sulit. Jika Shasa belum cukup matang secara emosi, dia pasti akan gampang stress dengan 'beban' pelajarannya dan tingkat kesulitannya.

Saat ini aku melihat bahwa Shasa makin mandiri dalam urusan sekolahnya. Dia sudah mempunyai kesadaran membuat PR, belajar, menyiapkan sendiri kebutuhan sekolahnya (mulai buku sampai bekalnya), bahkan dia pun tak ingin terlambat sampai di sekolah. Untuk urusan sekolah, Shasa sudah tidak minta dilayani dan dibantu. Mungkin hal itu sulit terjadi jika Shasa sudah aku masukkan ke SD sebelum usia 7 tahun.

Kembali kepada keponakanku tadi.., aku sudah mencoba mencari tahu apa alasan kedua orang tuanya memasukkan anaknya ke SD. Aku sudah berusaha memberikan masukan, tapi ternyata mereka sudah sangat yakin dengan pilihannya. Aku coba untuk 'mempengaruhi' keponakanku untuk kembali ke TK saja dulu dan baru tahun depan masuk SD. Namun tidak berhasil...

Selama beberapa hari aku sungguh terganggu dengan hal itu. Suamiku mengatakan kepadaku agar aku tak terlalu mempermasalahkan hal itu karena bagaimanapun juga itu sudah menjadi keputusan saudaraku. Aku tak berhak ikut campur, begitu nasehat dari suamiku. Memang sih pendapat suamiku benar, tapi aku tetap tak dapat menghilangkan kegelisahanku. Seandainya saja keponakanku sudah berumur 6 tahun lebih dan tidak lagi cengeng, mungkin aku tak akan mempermasalahkan keputusan saudaraku memasukkan anaknya ke SD.

Aku jadi berpikir, sebenarnya apa motivasi kedua saudaraku mendaftarkan anaknya ke SD ? Apa dia bangga karena di usia anaknya yang belum genap 5 tahun bisa masuk SD ? Sementara sang anak yang nantinya akan menghadapi segala macam tuntutan sebagai anak SD dan bukan kedua orang tuanya. Padahal nanti anaknya yang harus belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk dan kehilangan sebagian besar waktu bermainnya.

Jadi sebenarnya untuk kepentingan siapa si anak masuk SD di usia sedini itu ? Untuk keponakanku atau untuk orang tuanya ? Mungkin benar kata suamiku, aku tak perlu terlalu memusingkan hal ini karena memang bukan hakku mengatur masa depan keponakanku. Aku kini hanya bisa berdoa agar pilihan saudaraku untuk anak mereka tidak salah. Amin.

58 komentar:

  1. Salam CInta Damai dan Kasih Sayang 'tuk Sahabatku

    BalasHapus
  2. lupa ketinggalaaaaan.. teriakannya.. pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxzzzz

    BalasHapus
  3. usia dini masuk sekolah itu tidak masalah asalkan si anak punya potensi dan kualitas setara dengan kemampuan temen2 sekelasnya, sebab jika tidak maka itu pemaksaan diri dan akibatnya bukan hanya jelek untuk si anak tapi juga untuk proses belajar mengajar seluruh kelas, dan tentu beban guru juga makin berat.

    saat ini ku lagi edit template, karena banyak yang infokan templateku eror acak kadul.

    sukurlah dah bener sekarang :D

    BalasHapus
  4. waaa..kang boed kenceng bgt teriaknya! :D
    nice inpho neh..
    BAGUUUUUUUUZZ (ikutan teriakZ)

    BalasHapus
  5. keinginan ortu yang ingin cepet anaknya masuk sekolah

    BalasHapus
  6. setuju mbak... sekolah bukan berdasar kepandaian aja... orang tua hendaknya juga memikirkan tentng kebebasan anaknya... mereka masih dalam usia bermain... jadi walaupun sekolah... mereka harus lebih banyak diberikan ruang untuk bermain daripada dipaksakan untuk mencerna materi yang harusnya belum waktunya mereka cerna... heheheh

    BalasHapus
  7. masuk sekolah usia dini menurut aku gak masalah. toh si anak juga bakalan banyak teman. kalau soal kepandaian itu tergantung kemauan si anak itu sendiri....

    BalasHapus
  8. saya setuju ama mbk Reni.

    kebanyak org tua bangga, bila anaknya blm genap 6 thn sdh sd, krn alasan sdh bisa baca tulis. org tua lupa bhw materi pelajaran sd skrng bukanlah spt kurikulum pd saat kita2 sekolah dulu. bnyk pelajaran yg mengedepankan 'penalaran'...

    mngkn, si anak msh bisa mengikuti pelajaran saat kls 1 atau kls 2. nanti wkt dia naik ke kls 3, br keliatan...'matang/tdknya' seorang anak pd saat masuk sd. biasanya (spt pengalaman ibu2 teman2 ku) anak yg blm 'matang masuk sd' akan ketinggalan dr teman2 yg lain, secara kls 3 pelajaran terutama matematika lbh bnyk melakukakn penalaran berfikir ketimbang hafalan.

    *anakku sendiri masuk sd ketika umurnya 6,9 thn.

    BalasHapus
  9. Tulisan mantap mbak Reni. Bermanfaat buat para ibu dan bapak.

    BalasHapus
  10. waaa mudah-mudahan itu anak gak stress yah nantinya, kan kasian juga mana temennya pasti lebih tua-tua
    wat contoh ni,orang tua jangan suka maksain kehendak alias egois kepada anak:)

    BalasHapus
  11. kasihan anaknya dong mbak kalo begitu. seharusnya masukin anak ke sekolah memang sesuai dengan usia yang dianjurkan. kalo emang ngotot mo masukin sekolah diusia 5 tahun, masukin TK aja ^^

    BalasHapus
  12. Iya nih mbak,... banyak orang tua yang ingin anaknya cepet sekolah,.. termasuk aku kali yeh. Dulu umur 10 tahun udah tamat SD...
    tidak pinter sih, cuman kebetulan yang kepala sekolahnya bokap.

    BalasHapus
  13. mungkin orang tuanya yang udah kebelet pingin liat anaknya sekolah kali mbak
    hehehehehehe
    saya juga setuju, masak mau sekul sd
    harus di tes?? apa bisa anak sd di interpiu
    hehehehehehe

    BalasHapus
  14. yah mbak emang sih usia segitu cukup dini untuk masuk sd..tapi sebagai orang luar kita hanya bisa memberi saran ..keputusan tetap di tangan mereka orang dalam hehehe

    BalasHapus
  15. Mbak, saya setuju dengan mbak Reni. tapi, nyatanya sekarang banyak banget usia dini untuk anak SD. Sepertinya, itu menjadi kebangaan untuk orang tua. Gak heran, kalau umur 17 tahun dah masuk Universitas. Khan bisa banggain ortu juga tuh mbak...

    BalasHapus
  16. Anak2 berbakat yang terlalu dini masuk SD biasanya tidak maksimal pencapaiannya. Kalaupun ada yang tetap bisa menonjol, ia dan ortunya harus berjuang ekstra keras.
    Dilihat dari kepentingan anak, jauh lebih sehat bila ia dibiarkan berkembang sesuai usianya.
    Semoga banyak ibu muda yang membaca tulisan mbak reni.

    BalasHapus
  17. bener juga yah mbak.. seharusnya dipertimbangkan juga tingkat kematangan anak itu yah...

    aku juga punya sepupu yg kayaknya seumur deh sama keponakannya mbak.. dia baru enam tahun desember nanti,, tapi udah mau dimasukin ortunya ke SD tuh...huhu..

    BalasHapus
  18. Hehehe.. kadang saya berfikir enak waktu kecil dulu.. bebaaaasss eeeuy.. mungkin orang tua kita juga melihat kita begitu.. masa bermain yang terlewati dari kecil sudah di tekan kemajuan ilmu pengetahuan.. usia kanak kanak sudah depresi.. ataukah ini juga yang membuat banyak yang usianya dewasa kelakuannya mirip anak anak.. hehehe..
    Salam Sayang

    BalasHapus
  19. aku masuk SD umur 5,5 th.. hehehe..
    serius..! krn aku jg udh masuk playgroup umur 3,5 th... trus nyambung TK nol bsr umur 4,5 th... nah baru deh masuk SD setahun abis tu. Gpp tu mbak cpt masuk sekolah.. biar jd sarjana muda... Amin...

    BalasHapus
  20. hooo... sekarang usia sekulah katanya 7 tahun ya??? tapi aku dulu masuk sd 5 tahun hihi...

    BalasHapus
  21. Wah, barangkali ponakan Bu Reni punya obsesi jadi siswa termuda (dikelasnya) he.. he..
    Ponakannya apa orang tuanya yah???

    Tapi saya juga agak kasihan kalau belum siap masuk esde tapi dah dimasukin, ntar perkembangan emosinya blm bisa ngikutin tmen2nya, malah jadi minder deh, takutnya juga nanti tinggal kelas.

    BalasHapus
  22. sebenarnya kalau dilihat umur memang anak masuk SD seharunya mulai umur 7 tahun, tetapi karena mungkin kebijakan lain, dan dorongan dari anak tersebut ingin sekolah, apa boleh buat umur 6 tahun harus sekolah, hal itu terjadi pada anakku yang masih berumur 3,5 tahun kepengen ngaji, nangis2 mintanya sampai2 si umi (panggilan buat ibunya) harus mengabulkan permintaan anakku tersebut. tetapi karena keinginan si anak untuk sekolah atau ngaji.. ya saya sebagai orang tua merasa harus mengabulkan keinginannya sambil dilihat perkembanganya.. demikian tanggapan mengenai artikel ini. sekian dan terima kasih. keep blogging

    BalasHapus
  23. Bener mbak... tapi kecenderungan orangtua jaman sekarang emang kayak gitu... anak masih kecil dan belum waktunya eh... udah dimasukin kesana-sini... kasihan ya... ntar bisa-bisa tambah gedhe malah gampang stres... thanks infonya mbak...

    BalasHapus
  24. ya bener bunda masa anak2 perlu diberi kebebasan bermain terkadang marah bila dikekang dan diberi tahu, waktu saya kecil dulu senangnya hidup tanpa beban maklum blm ada pemikiran ttg kewajiban n tanggung jwb he3....

    BalasHapus
  25. Sepupu saya jg mendapat kesempatan loncat kelas spt itu & mama nya lngsng menambah kursusnya..
    Saya jg krng setuju u/ hal itu, sehrsnya orng tuanya bertanya dl pd anak..
    meskipun msh kecil, kalau sdh msk sklh seharunya mengerti jk orng tuanya menjelaskan tanggung jwb yg lbh besar jk menerima 'loncat kls' tsb..


    salam kenal,
    classically

    BalasHapus
  26. bener juga ya mbak. ntar bareng masuk SD tiap hari nangis, bisa menggangu aktifitas belajar mengajar. :)

    BalasHapus
  27. salam...ukhwah

    terima kasih reni sudi singgah memberi komen di anaklaut.

    BalasHapus
  28. mbak reni, ikutan aah ... Salam kenal dulu dariku, ya.
    Bila anak sekolah hanya karena keinginan ortu, sementara usia anak belum memadai, memang sangat disayangkan, tapi adakalanya justru anak ybs yang maksa-maksa ingin sekolah. Disinilah ortu perlu bijak menanggapinya. Bila si anak serius, tidak sehat juga bila ortu memaksa untuk "melarang" sekolah. Ortu bisa mencari alternatif lain untuk mengisi "jam sekolah" nya. Misalnya di madrasah sore atau 2 thn di TK.

    BalasHapus
  29. usia sekolah anak memang semakin muda ya..kasihah, kecil2 udah dijejalin ilmu. kalo anaknya senang sih gak papa.

    BalasHapus
  30. Memang utk sekolahkan anak, sebaiknya selain lihat usia, juga lihat kematangan si anak, kesiapannya secara mental.

    BalasHapus
  31. saya dulu masuk SD malah masih umur 5 tahun sis heheh.Tapi waktu itu saya dan pintar berhitung, membikin huruf dan bernyanyi.Lulus SD saya masih umur 11 tahun, hmm teringat masa lalu.

    BalasHapus
  32. Sudah menjadi trend yang mungkin "membanggakan" bagi orang tua yang anaknya dapat masuk SD dengan cepat.

    PRof sempet berdiskusi dengan seseorang yang menunda anaknya masuk SD (usia 4 tahun) dan lebh memilih anaknya lebih lama di Tk dengan alasan keseimbangan mental. Jangan sampa anak terbebani dengan pelajaran yang pada dasarnya diperuntukkan untuk anak dengan usia di atas mereka. Biarlah anak menjalani tahap2 dalam hidupnya dengan WAJAR.

    Jangan sampa masa2 bermain mereka diganggu dengan beban "Belajar + Pelajaran".

    Selamat malam mbak Reni...!!! Akhirnya PRof kembali...!!!

    BalasHapus
  33. @KangBoed : salam kembali... Aduh teriaknya kenceng sekali..
    @trimatra : tapi utk keponakanku, aku melihat secara mental dia belum siap karena masih cengeng dan belum mandiri..
    @ajir : THAAAANKS.... hehehe ikut-2an teriak nih.
    @attayaya : mungkin spt itu..
    @rangga : itulah yg aku maksudkan, biarkan anak menikmati dunia bermainnya dulu.
    @edylaw : kalau aku tak tega aja melihat anak sekecil itu harus memeras otak di saat teman-2nya masih asyik bermain.
    @tisti : aku juga menilai bahwa pelajaran sekarang jauh lebih berat daripada dulu, mbak.
    @newsoul : makasih mbak..
    @namaku wendy : emang sebaiknya ortu jangan egois kalau menyangkut masa depan si anak.
    @henny : mauku sih begitu juga, tapi ortunya punya keinginan lain sih.
    @seti@wan : wah, enaknya yg punya bokap Kepala Sekolah...
    @yanuar : soalnya di kotaku ada tuh sekolah yg melakukan wawancara utk seleksi calon murid SD !
    @joni-joni-joni : memang itulah yg terjadi, karena saranku tak berguna hikss..
    @anazkia : tapi akhirnya anak-2 banyak yg kehilangan masa bermainnya. Kan kasihan..
    @eha : kalau yg berkomentar ibu guru, aku jadi lega karena pendapatku diterima... Makasih..
    @yolizZ ; semoga saja keponakan-2 kita bisa melalui SD-nya dengan "baik-2" saja ya..
    @KangBoed : maksudnya orang dewasa tapi masih kekanak-kanakan, Kang ? ^_^
    @ferdi : maksudnya jadi sarjana muda atau muda sudah jadi sarjana ? Hehehe.. lain lho artinya ^_^
    @zujoe : mungkin dulu beban pendidikan di SD belum seberat sekarang...
    @agoez3 : semoga saja keponakanku tidak ketinggalan dari segi akademis dan mental dari teman-2nya. Amin.
    @Apih : Kalau ikut TPA kan tidak seberat sekolah SD, Kang. TPA kan masuknya tidak tiap hari dan tidak dibebani PR yg segunung. Padahal SD sekarang pelajarannya sulit-2 lho, udah gitu PRnya banyak banget.
    @cahyadi : kita emang kudu ati-2 dalam mengambil langkah utk kepentingan anak-2 kita, mas.
    @awal sholeh : emang jiwa anak-2 itu utk bermain kok, jadi jangan disalahkan kalau mereka masih suka maen2.
    @classically : udah berat di sekolah (karena loncat kelas) masih ditambah dengan les yg makin banyak? Aduh, kasihan sekali..
    @jimox : keponakanku emang cengeng sekali. Capek, nangis. Marah, nangis. Apa-2 nangis deh.. Tapi kok dimasukkan ke SD. Kasihan kan?
    @anak laut : makasih dah datang.
    @annie : memang kemampuan anak lain-2, mbak. Tapi menurutku lebih baik anak dibiarkan menjalani hidupnya seperti apa adanya sehingga perkembangan emosionalnya pun tidak terganggu.
    @fanny : ortu yang harusnya jadi filter thd semua kegiatan anaknya.
    @fanda : bener sekali mbak..
    @aisha : keadaan dulu dan sekarang berbeda mbak. Materi yg diberikan utk anak-2 SD sekarang berat lho.. Apa yg dipelajari anakku saat kelas 1 SD, dulu baru aku pelajari waktu aku kelas 1 SMP...!!

    BalasHapus
  34. numpang lewat nee...
    wah usai sekolah emang banyak kegiatan juga yah... harus bisa ambil yg postif aja dah...

    BalasHapus
  35. eh ya malah lupa nee...

    sekalian mau kasih kabar dan info baru ...

    mau ikutan ??
    http://apocalytyo.blogspot.com/2009/07/nothing-impossible-bukan-sekedar-impian.html

    BalasHapus
  36. aku setuju dgn semua pendapat mba reni. Hemm..mba reni psti seorg ibu yg baik dan perhatian ya...

    salam sayang mba....

    BalasHapus
  37. @PRof : setuju banget dg PRof !! ohya, welcome back !!
    @aldrix : yups.. setuju..
    @irmasenjaque : ya semoga curhatku ada manfaatnya mbak..

    BalasHapus
  38. memang kita tidak berhak mencampuri urusan orang lain Bu, meskipun saudara sendiri..kita cuma bis kasih saran.
    Tapi aku setuju pendapat Bu Reni, umurnya blom cukup utk masuk SD, kasihan si anak kehilangan waktu bermainnya.

    BalasHapus
  39. saiia ko' cenderung gag ada mslh sama keputusan ortu keponakannya, juga gag berkebertan klu mba' Reni masukin sasha di usia 7 taon ke SD setelah ada bekal nol kecil sama nol besar itu iia...

    idem sama kang TRIMATRA mode on*

    Ps : -maaf nambahin- mba gag pahamnya (komen di tempat saiia) sama 'blog saiia yg berisi tut atau gag paham sama 'tut' yg mba' komenin?!?!??

    BalasHapus
  40. kadang2 sih usia tidak menentukan kapan seseorang kapan memasuki sekolah,bukinya di usa ada seorang anak 12 tahun dah enginer..tetapi jangan juga dipaksakan, walau usia nya lom cukup benar untuk sekolah. Karena masalah masa depan bukan hny ditentukan IQ,tetapi juga EQ dan SQ. kalau anak pinter,maunya sih usia 5 atau 6 juga dah bisa kog:)

    BalasHapus
  41. mungkin kekhawatiran mbak reni karena mbak reni sangat sayang juga pedui sama keponakannya...tapi mungkin saudara mbak reni punya alasan sendiri mengambil keputusan itu...ya mudah mudahan saja keponakan mbak reni nggak menghadapi kendala dan jadi anak yang pintar dan mandiri...thanks ya

    BalasHapus
  42. emmmm, maaf mungkin ortunya repot kali mbak jd satu2nya solusi utk "lepas" dr tanggung jawab adlh dg memasukkan mrk ke sekolah (hehe itu sih hsl pngamatan dr org2 di sekitar loh)

    BalasHapus
  43. hm.. kalo sayah dulu, umur 6 taun.
    kata ortu,ga usah cepet2 masuk sekolahnya, biar puas mainnya :D

    BalasHapus
  44. Benar mbak...usia sekolah memang perlu ditentukan ,krn usia menentukan karakter kematangan anak utk memasuki dunia barunya

    BalasHapus
  45. hihii.. aq jg dulu masuk sekolahnya lebih muda, sebelumnya ikut tes dulu sih. Soalnya dulu aku bandel luar biasa, di rumah Mama & Papa ku udah kehabisan akal, jd dimasukin sekolah supaya ada kegiatan yang lebih terarah. Tapi alhamdulillah sih, ga ada masalah, malahan waktu SD dulu selalu masuk ranking 3 besar hehee..
    Yaaah.. Klo menurut aku, setiap anak memang beda2 siy..

    BalasHapus
  46. hehehehe...kadang ortu lupa tanya keinginan anaknya mo apa jadi asal ikut keinginan sendiri aja, padahal belom tentu anaknya mau.

    btw, blognya aq pollow ya mba

    BalasHapus
  47. Tahun ini anak saya masuk SD, dan pada saat pendaftaran dulu, ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu usia anak harus sudah 6 tahun, saya coba keliling ke SD manapun persyaratan utamanya ya 6 tahun, nah kalo belum 6 tahun sudah dipaksain masuk SD ya itu kurang bijaksana, tapi mungkin orang tua atau guru TKnya punya alasan tersendiri, karena setahuku untuk masuk SD juga ada semacam surat rekomendasi dari guru TK asal, tentang kemampuan akademis dan emosional si anak.

    BalasHapus
  48. wah mbak Ren saya jg punya ponakan yg ngomongnya msh gk bener gitu tp udh dimasukin ke TK A pdhl umurnya baru 4thn! saya pikir playgroup...aneh ya skrg..kok bs masuk ke tk klo ngomongnya msh campur2 gitu blum jelas...

    BalasHapus
  49. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

    BalasHapus
  50. waaahhh maaf telat mbak......
    setuju ama pendapatnya mbak......
    momentum di manapun kudu di perhatikan heheheheh

    BalasHapus
  51. waduh, tapi kalau bener2 dah jenius, kayaknya seru juga di masukin SD se dini mungkin mba, siapa tau bisa sarjana di umur 20 taun ...

    BalasHapus
  52. Wah seperti yang saya alami. Saya masuk SD saja umur 5 tahun. Saya tidak tahu alasannya. namun waktu itu saya begitu bergembira. :)

    BalasHapus
  53. Awardnya sudah diposting,... dan tentunya ada imbal buat mbak.

    BalasHapus
  54. he he mbak, aku masuk sd juga 6 tahun. tapi sekarang aku tetep imut dan menggemaskan *gak nyambung .... ketok ketok si kuyus*

    Mungkin orang tuanya melihat kemampuan si anak, bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, daripada tetap di TK yang menurut mereka hanya akan membuang waktu. Toh kematangan emosi anak akan terbiasa dengan sendiri setelah bergaul dengan teman temannya nanti.

    he he, itu hanya sebuah kemungkinan pemikiran saja.

    BalasHapus
  55. @yudie : jadinya aku yg gemes sendiri nih, mas... hehehe
    @genial : aku gak paham soal tutorialnya hehehe..
    @come n share : emang kemampuan anak beda-2, tapi utk mengetahuinya perlu tes tersendiri kan ?
    @angga chen : itulah, alasan saudaraku itu yang aku tak tahu pasti ^_^
    @rosi : ehmm... mungkin juga begitu ya ?
    @quinie : bener tuh, biar puas mainnya,, ^_^
    @dinoe : sepakat...
    @mila : emang tiap anak beda-2 dan semoga keponakanku gak tertekan di SDnya..
    @suzhu : emang seharusnya si anak dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan..
    @tukang komen : menurutku sih kalau terlalu dini memang 'berat' untuk anak yang menjalaninya..
    @linda belle : wah, kok berani ya ortunya memasukkan anaknya ke SD mbak ?
    @kangBoed : makasih & salam kembali
    @buwel : seneng deh disetujui gini hehehe....
    @jonk : BTW kalau punya anak jenius itu ortunya harus ekstra lho memperhatikan sisi emosional si anak..
    @hasrul : seandainya saja pendidikan SD sekarang tidak sedemikian beratnya... mungkin aku tak kepikiran kalau keponakanku yg sekecil itu dimasukkan SD..
    @seti@wan : duh seneng sekali..
    @kuyus : asal si anak sudah matang secara emosi memang tak masalah mbak, tapi tetap saja harus diikuti terus perkembangan emosinya.

    BalasHapus
  56. kalau menurut saya usia ga masalah. sy masuk sd usia 6 tahun dan ga ada masalah

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)