Rabu, 30 September 2009

Bersahabat dengan Google

Aku mengenal Google belum lama, kurang lebih baru pada tahun 2006 yang lalu. Terlambat banget ya..? Hehehe... Namun, meskipun belum lama mengenalnya aku sudah terikat padanya, dan menganggapnya sebagai sahabat yang setia. Sahabat yang telah banyak menolongku di saat aku mengalami kesulitan.

Bulan ini sahabatku Google ulang tahun yang kesebelas, namun ternyata tanggal lahir Google di internet masih menjadi perdebatan. Sebagaimana ditulis dalam Jawa Pos terbitan Selasa 29 September 2009, bahwa tahun lalu Google memasang logo ultah ke-10-nya pada tanggal 2 September. Sementara, di Wikipedia tertulis bahwa Google didirikan pada tanggal 4 September. Sementara sejumlah versi mengatakan kalau Google pertama diluncurkan pada tanggal 27 September 1998.

Yang pasti adalah Google lahir dari tangan dingin Page dan Brin yang saat itu masih berstatus mahasiswa. Keduanya bekerja sama melahirkan Google pada 1995 di Stanford University, Amerika Serikat (AS). Tahun berikutnya, mereka mulai menciptakan mesin pencari Google Keduanya lantas mendaftarkan Google secara resmi pada September 1997. Setahun kemudian, mereka baru mengoperasikan Google dari garasi rumah Susan Wojcicki.

Sejauh ini Google masih menjadi situs yang paling banyak dikunjungi dan mesin pencari nomor wahid di dunia. Google masih merajai dengan angka pengunjung sebanyak 844 juta per bulan. Saingan terberat Google justru bukan datang dari sesama mesin pencari, melainkan dari situs yang berbeda, yaitu Situs Jejaring Sosial : Facebook. Meskipun kehadiran Facebook sebagai situs jejaring sosial raksasa mulai mengancam Google. Kabarnya pada saat ini Facebook menjadi situs dengan lalu lintas terpadat nomor 4 di dunia.


Semenjak diluncurkannya Google Doodle, Google menjadi semakin terkenal. Tampilan logo Google yang berubah-ubah tergantung momen dan even internasional telah sukses menarik perhatian para pengguna internet. Salah satu Logo Google yang beda adalah pada saat perayaan ulang tahun Google yang kesebelas. Google menjadi Googlle. Para pengguna Google menganggap telah terjadi kesalahan eja, sehingga kemudian logo tersebut ditarik.


Bagiku pribadi, Google sangat berjasa, terutama semenjak Shasa masuk ke Sekolah Dasar. Rasanya hampir tiap hari aku membuka Google untuk ikut membantu Shasa mencari jawaban atas PR sekolahnya. Sungguh dulu tak pernah kusangka bahwa ternyata pendidikan kian hari kian berat saja. Bahkan untuk mengerjakan PR anak SD saja, aku harus rajin-rajin mengunjungi Google. *geleng-geleng kepala*

Suatu kali aku kelimpungan sewaktu ditanya Shasa tentang Sejarah Sumpah Pemuda dan tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya. Aduh..., mana aku ingat pelajaran sewaktu SMP dulu ? Aku hanya ingat dengan tanggal dan bunyi Sumpah Pemuda-nya. Sementara pemimpin dari Jong Java, Jong Celebes dll aku sudah lupa.... Heran, kok Shasa sudah mendapatkan pelajaran itu waktu kelas 3 SD ya ? *heran*

Di lain kesempatan Shasa meminta daftar dari 20 sifat-sifat wajib dan sifat-sifat mustahil bagi Allah. Sebanyak itu....? Mana aku ingat satu per satu lengkap dengan artinya ? Duh, kok di buku pelajaran Shasa juga tidak dituliskan secara lengkap ya ? *gemes mode on*

Ada juga kejadiaan saat Shasa minta dijelaskan tentang arti Lambang Daerah Provinsi Jawa Timur. Waduh..., detil gambarnya saja aku tak hafal..., apalagi mengartikan lambangnya. Padahal, arti Lambang Daerah Kota Madiun saja aku juga tidak hafal kok. *bingung sendiri*

Pernah juga Shasa minta dicarikan gambar aneka jenis budaya, rumah adat, baju adat dll dari seluruh Provinsi di Indonesia. Pernah juga minta gambar contoh daun yang bertulang menjari dan menyirip. Wah.., PR anak SD kok sudah sedemikian banyaknya ya ? Dan.. masih banyak lagi permintaan dan pertanyaan Shasa yang tidak mampu aku jawab sendiri.

Untunglah ada sahabatku...... Google !! Selama ini aku selalu bertanya kepadanya jika tidak bisa menjawab pertanyaan Shasa, khususnya yang menyangkut pelajaran sekolahnya. Melalui Google pula aku bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas. Berkat Google, urusan pelajaran sekolah Shasa tidak lagi menjadi masalah.

Terima kasih Google... kau memang sahabat yang sangat baik dan pintar... ^_^

17 komentar:

  1. Google memang sudah seperti dewa baru yang siap memberi jawaban... bahkan musisi gerilyawal EYB sudah menjadikannya sebuah lagu yang berjudul "Sang Dewa Google"
    Google emang fantastis ya... Lagu sang Dewa Google"

    BalasHapus
  2. iya sama mba......google harus selalu menjadi halaman yang setia saat saya surfing di internet!!!!

    search engine nya memang paling banyak dipakai!!!!

    BalasHapus
  3. Google sahabat blogger semua, meski kadang ditakuti karena urusan pagerank,apa jadinya kalau gak ada google, dunia maya tidaklah se asyik ini. wah panjang umur Gel

    BalasHapus
  4. Wah iya mbak, aku jug sering nyari bahan PRnya anakku. Baru saja anak saya bertanya tentang 20 sifat wajib Allah. Dapet juga dari google he he he

    BalasHapus
  5. selamat buat Google, dimana saat ini setiap orang pasti mengenal google dan fasilitasnya yang menghentak dunia informasi dan tehnologi...

    BalasHapus
  6. Mbak, tapi kesian khan yang gak punya kompi dan layanan internet...??? kemana mereka mencari jawaban itu semua tatkala anaknya bertanya...??? :). Selamat untuk persahabatan dengan mbah google. Cerita mbak reni seru2 :)

    BalasHapus
  7. Selamat ultah buat google..

    Benar sekali mbak.. Google merupakan sahabat yang dapat membantu ketika kita butuh informasi didunia maya...

    BalasHapus
  8. Google sahabat kita semua,apalagi untuk para blogger..

    aku malah baru lho megenal mbah google ,thn 2008 mba hehehe...

    BalasHapus
  9. turut ngucapin happy birthday buat google!!

    BalasHapus
  10. Itulah untungnya ada teknologi dunia maya ini. Buat Anazkia, bagi yang gak ada akses ke inet, ya tugas kitalah menyebarkan informasi pada mereka. Nice posting mbak Reni.

    BalasHapus
  11. Betul sekali itu Mbak, dengan adanya Google, saya juga sangat terbantu, stiap menemukan satu istilah yg saya ndak tau, google pasti bisa menjawabnya

    BalasHapus
  12. aku juga udah lama bersabah ama Om gugel,...
    bahkan tiap pagi aku selalu kunjugi, namun tanggal lahirnya secara pasti, aku juga belon tau.
    Nice posting mbak.

    BalasHapus
  13. Bener mbak, jaman sekarang anak sekolah cari data buat PRnya dari Google!

    BalasHapus
  14. mba Ren....
    si anak hilang berkunjung hehehe
    iya, setuju mbah google emang T O P BGT.

    BalasHapus
  15. Salam dari sahabat mBah Google jg. hehe...
    Maaf blm sempet majang awardnya.

    BalasHapus
  16. google layak diangkat sebagai "mahaguru internasional" , jasanya telah terbukti memerdekakan milyaran manusia dari pengetahuan!!!

    BalasHapus
  17. Google merupakan salah satu search engine yang terbesar yang merupakan sumber nafkah bagi internet marketer termasuk saya..hehe

    BalasHapus

Maaf ya, komentarnya dimoderasi dulu. Semoga tak menyurutkan niat untuk berkomentar disini. Terima kasih (^_^)